Tuesday, August 7, 2012

Sampan Restaurant Episod 1

Baru dua kali sebenarnya mencoba makanan di sana.
kali ini mencoba kijing tauco cabe rawit dan ikan lebam bakar.

enjoy




Baru kali ini makan kijing dengan masakan yang tepat dan enak. Sebelumnya cuma liat mentahnya di pasar tanpa tahu musti dibumbu apaan. Di Sampan, kijing bisa diolah menjadi kijing asam manis, kijing asam pedas dan lain-lain. Pilihan saya kemaren adalah kijing tauco cabe rawit. Dilihat dari kuahnya, kijing ini dimasak dengan kuah yang tidak kental, hampir bening kira kira. Rasa pedasnya muncul dari cabe yang diiris, bukan cabe rawit yang ditumbuk halus. Jadi kita bisa menghindari cabenya kalau gak mau terlampau pedas. Kijing patut dicoba di Sampan sea food :).

Kalau makan Sea food saya seringnya pesan ikan bakar. Ikan bakar yang pernah saya makan sejauh ini Ikan  kakap putih, ikan kakap merah, lebam, lingkis, ikan ayam-ayam, ikan libas, ikan selar, ikan bawal dannnn lupa ... yang kapok untuk saya coba adalah ikan ayam-ayam, nggak enak menurut saya. Rasanya aneh. tapi orang lain banyak juga yang menyukainya kok. Ikan Libas tidak begitu enak. Hmmm... enak, tapi nggak seenak lebam. Dan beberapa hari yang lampau, sampan kehabisan ikan kakap merah, dan jatuhlah pilihan saya di Ikan Lebam. Ikan Lebam sebenarnya karakteristiknya kulitnya tipis dan lembut. Tapi ada juga jenis ikan yang mirip lebam dengan kulit yang kasar dan tebal. Makanya saya selalu memastikan pada penjual ikani kalau ini adalah lebam dengan kulit yang tipis. Lebamnya saya pilih untuk dibakar. Olahan ikan bakar di Sampan cukup enak, tapi saya harus akui kalau Ramadhani Sea food masih jauh lebih enak dari Sampan.

Suasana makan di Sampan sendiri sangat nyaman. Ada di depan komplek perumahan Green Land Batam Centre, membuat siapa pun dari arah manapun cukup mudah untuk tiba di tempat ini. Tempatnya yang bersih, nyaman, bebas dari pengamen membuat siapapun betah menghabiskan makan malamnya di tempat ini. Para pendatang bebas memilih suasana outdoor ataupun indoor. Tapi siapa sih yang menolak untuk makan malam dibawah taburan jutaan kerlip bintang ?

Untuk masalah harga, Sampan bukanlah restoran yang membandrol harga makanannya setara dengan Golden Prawn. Jadi cukup bersahat deh dengan kantong kita.

Sampan pilihan yang bagus untuk teman-teman yang ingin menjajal makanan seafood di Pulau Batam ini.

No comments :

Post a Comment