Sunday, August 26, 2012

Neil Armstrong

Siapa yang tak kenal Neil, manusia pertama yang diberitakan menginjakan kakinya di bulan. Saya sendiri mendengar kata neil armstrong, dari mamah. Saat membangkitkan semangat anak anaknya untuk belajar di bawah sinar bohlam kekuningan yang menaungi kamar.
Dia pun bercerita bahwa Neil mendengar adzan di bulan sana...
Dan saya yang berusia enam atau tujuh tahun pun membayangkan bahwa ada menara mesjid di bulan sana. Dengan bahasa yang sederhana dan apa adanya, dia kembali menjelaskan bahwa manusia bisa terbang melayang layang di bulan.  Yang akhirnya saya pahami bahwa itu sesuatu yang berkaitan dengan gaya grafitasi.
Dan sekali lagi, dialah guru pertama saya yang sederhana, yang mengajari murid kesayangannya dengan bahasa yang apa adanya, yang mudah dipahami untuk anak seusia saya saat itu. dan dialah pembuka pintu gerbang ilmu hingga tak lagi kaget saat sang expert berkata.

Kembali ke Neil, saat mamah saya bercerita ataupun sang expert bercerita di depan kelas, saya membayangkan dia adalah manusia lama seperti alexander graham bell bahkan setua Newton. dan ehem,,,, seriously,,, saya baru tahu bahwa Neil Armstrong masih hidup saat saya menonton Apollo 13 (di Apollo 13 ada Neil Armstrongnya :D). Jutaan Neutron menghantarkan aliran informasi di otak saya, menghubungkan berbagai fakta dan data yang seadanya. Dan tanpa saya cari tahu, saya tahu dia bukan manusia selama Newton (malu...)

Dan hari ini, sang astronot meninggal dunia. Di usianya yang ke 82 dia sudah banyak mengukir prestasi.
















Neil Alden Armstrong, 5 August 1930 - 25 August 2012

No comments :

Post a Comment